Rabu, 11 Juni 2008

കലഞെങ്ങ്കിംഗ്

Racun Kalajengking Untuk Membasmi Hama


Binatang berbisa, selain membahayakan, namun ternyata bisa juga berguna bagi manusia. Tentu, harus dilakukan sejumlah perlakuan tertentu, agar bisa tersebut dapat digunakan untuk keperluan manusia. Beberapa khasiat yang dipercaya terkandung dalam racun, di antaranya untuk pengobatan penyakit tertentu dan obat kuat. Namun, tak hanya itu. Racun ternyata bisa juga untuk membasmi hama tanaman.

Beberapa waktu lalu, beberapa ilmuwan dari Universitas Maryland yang dipimpin oleh Profesor Raymond St Leger melakukan penelitian terhadap racun kalajengking. Hebatnya, binatang yang menjadi simbol bintang scorpio itu ternyata bisa digunakan untuk membunuh hama, tanpa merusak tanaman dan lingkungan.

Profesor Raymond mengatakan, bahwa gen kalajengking bisa menghasilkan racun jamur secara ekstrim, yang mampu mematikan hama seperti kumbang perusak panen kopi. Penelitian yang juga melibatkan Akademi Sains China yang dipimpin Chengshu Wang ini dipaparkan dalam jurnal Nature Biotechnology. Dalam jurnal itu, Raymond dan Chengshu menyebut bahwa racun neuro-toxin kalajengking dapat membunuh serangga dalam beberapa hari. "Kalajengking memiliki racun yang hebat yang bisa digunakan untuk membunuh serangga," terang Raymond meyakinkan.

Tidak ada komentar: